Laman

Sunday 18 January 2015

KONSEP DASAR PERSALINAN NORMAL


A.    Pengertian
Persalinan normal adalah proses dimana bayi, plasenta dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu pada usia kehamilan cukup bulan (37-42 minggu) tanpa diserai adanya penyulit. (APN, 2008)

B.     Tanda dan Gejala Inpartu (APN, 2008)
1.      Penipisan dan pembukaan serviks
2.      Kontraksi uterus yang mengakibatkan perubahan serviiks (frekuensi minimal 2 kali dalam 10 menit)
3.      Adanya pengeluaran cairan lender bercampur darah (“show) melalui vagina.

C.    Mekanisme Persalinan
1.      Engagement
Egagement pada primigravida terjadi pada bulan terakhir kehamilan sedangkan pada multigravida dapat terjadi pada awal persalinan. engagement adalah peristiwa ketika diameter biparetal ( Jarak antara dua paretal ) melewati pintu atas panggul dengan sutura sagitalis melintang atau oblik di dalam jalan lahir dan sedikit fleksi. Masuknya kepala akan mengalami ksulitan bila saat masuk ke dalam panggu dengan sutura sgaitalis dalam antero posterior. Jika kepala masuk kedalam pintu atas panggul dengan sutura sagitalis melintang di jalan lahir, tulang parietal kanan dan kiri sama tinggi, maka keadaan ini disebut sinklitismus.
Kepala pada saat melewati pintu atas panggul dapat juga dalam keadaan dimana sutura sgaitalis lebih dekat ke promontorium atau ke simfisis maka hal ini disebut asinklitismus.





2.      Penurunan kepala
a.       Dimulai sebelum persalinan/inpartu. Penurunan kepala terjadi bersamaan dengan mekanisme lainnya.
b.      Kekuatan yang mendukung yaitu:
1)      Tekanan cairan amnion
2)      Tekanan langsung fundus ada bokong
3)      Kontraksi otot-otot abdomen
4)      Ekstensi dan pelurusan badan janin atau tulang belakang janin

3.      Fleksi       
a.       Gerakan fleksi di sebabkan karena janin terus didorong maju tetapi kepala janin terlambat oleh serviks, dinding panggul atau dasar panggul
b.      Kepala janin, dengan adanya fleksi maka diameter oksipito frontalis 12 cm berubah menjadi suboksipito bregmatika 9 cm
c.       Posisi dagu bergeser kearah dada janin
d.      Pada pemeriksaan dalam ubun-ubun kecil lebih jelas teraba daripada ubun-ubun besar.
4.    Rotasi dalam ( putaran paksi dalam )
a.   Rotasi dalam atau putar paksi dalam adalah pemutaran bagian terendah janin dari posisi sebelumnya kearah depan sampai dibawah simpisis. Bila presentasi belakang kepala dimana bagian terendah janin adalah ubun-ubun kecil maka ubun-ubun kecil memutar ke depan sampai berada di bawah simpisis.Gerakan ini adalah upaya kepala janin untuk menyesuaikan dengan bentuk jalan lahir yaitu bentuk bidang tengah dan pintu bawah panggul. Rotasi dalam terjadi bersamaan dengan majunya kepala. Rotasi ini terjadi setelah kepala melewati Hodge III (setinggi spina) atau setelah didasar panggul. Pada pemeriksaan dalam ubun-ubun kecil mengarah ke jam 12.
b.    Sebab-sebab adanya putar paksi dalam yaitu :
1)      Bagian terendah kepala adalah bagian belakang kepala pada letak fleksi.
2)      Bagian belakang kepala mencari tahanan yang paling sedikit yang disebelah depan  yaitu hiatus genitalis.

5.     Eksistensi
Setelah putaran paksi selesai dan kepala sampai di dasar panggul, terjadilah ekstensi atau defleksi dari kepala. Hal ini disebabkan karena sumbu jalan lahir pada pintu bawah panggul mengarah ke depan atas, sehingga kepala harus mengadakan ekstensi untuk melaluinya. Pada kepala bekerja dua kekuatan, yang satu mendesak nya ke bawah dan satunya disebabkan tahanan dasar panggul yang menolaknya ke atas. Setelah suboksiput tertahan pada pinggir bawah symphysis akan maju karena kekuatan tersebut di atas bagian yang berhadapan dengan suboksiput, maka lahirlah berturut- turut pada pinggir atas perineum ubun-ubun besar, dahi, hidung, mulut dan akhirnya dagu dengan gerakan ekstensi. Suboksiput yang menjadi pusat pemutaran disebut hypomochlion.

6.    Rotasi luar ( putaran paksi luar )
          Terjadinya gerakan rotasi luar atau putar paksi luar dipengaruhi oleh faktor-faktor panggul, sama seperti pada rotasi dalam.
a.       Merupakan gerakan memutar ubun-ubun kecil ke arah punggung janin, bagian belakang kepala berhadapan dengan tuber iskhiadikum kanan atau kiri, sedangkan muka janin menghadap salah satu paha ibu. Bila ubun-ubun kecil pada mulanya disebelah kiri maka ubun-ubun kecil akan berputar kearah kiri, bila pada mulanya ubun-ubun kecil disebelah kanan maka ubun-ubun kecil berputar ke kanan.
b.      Gerakan rotasi luar atau putar paksi luar ini menjadikan diameter biakromial janain searah dengan diameter anteroposterior pintu bawah panggul, dimana satu bahu di anterior di belakang simpisis dan bahu yang satunya di bagian posterior dibelakang perineum.
c.       Sutura sagitalis kembali melintang.
7.    Ekspulsi
            Setelah terjadinya rotasi luar, bahu depan berfungsi sebagai hypomochlion untuk kelahiran bahu belakang. Kemudian setelah kedua bahu lahir disusul lahirlah trochanter depan dan belakang sampai lahir janin seluruhnya. Gerakan kelahiran bahu depan, bahu belakang dan seluruhnya.

D.    Kala dalam Persalinan
1.      kala 1 (kala pembukaan)
Inpartu ditandai dengan keluarnya lendir bercampur darah (bloody show), karena serviks mulai membuka (dilatasi) dan mendatar (effacement). Darah berasal dari pecahnya pembuluh darah kapiler sekitar kanalis servikalis karena pergeseran ketika serviks mendatar dan terbuka.
Kala pembukaan terbagi atas 2 fase, yaitu:
a.       Fase laten : dimana pembukaan serviks berlangsung lambat, sampai bukaan 3 cm berlangsung 7-8 jam.
b.      Fase aktif : berlangsung selama 6 jam dan dibagi atas 3 subfase:
1)      Periode akselerasi : berlangsung 2 jam, pembukaan menjadi 4 cm
2)      Periode dilatasi maksimal (steady) : selama 2 jam pembukaan berlangsung cepat menjadi 9 cm
3)      Periode deselerasi : berlangsung lambat, dalam waktu 2 jam pembukaan jadi lengkap atau 10 cm
Pada Primi berlangsung 13 – 14 jam dan Multi berlangsung 6 – 7 jam.

2.      kala II (pengeluaran janin)
Pada kala pengeluaran janin, his terkoodinir, kuat, cepat, dan lebih lama, kira-kira 2-3 menit sekali. Kepala janin telah masuk ruang panggul sehingga terjadilah tekanan pada otot-otot dasar panggul yang secara reflektoris menimbulkan rasa mengedan. Karena tekanan pada rektum, ibu merasa seperti mau buang air besar, dengan tanda anus membuka. Pada waktu his, kepala janin mulai kelihatan, vulva membuka, dan perineum meregang. Dengan his mengedan yang terpimpin, akan lahirlah kepala, diikuti oleh seluruh bagian janin. Kala II pada primi: 1,5-2 jam, sedangkan pada multi 0,5-1 jam.
Tanda-tanda kala II :
a.       Ibu merasa ingin meneran bersamaan dengan terjadinya kontraksi
b.      Perineum menonjol
c.       Ibu kemungkinan merasa ingin BAB
d.      Vulva vagina dan spinchter anus membuka
e.       Jumlah pengeluaran lendir dan darah meningkat

3.      kala III (pengeluaran uri)
Setelah bayi lahir, kontraksi rahim istirahat sebentar. Uterus teraba keras dengan funtus uteri setinggi pusat, dan berisi plasenta yang menjadi tebal 2x sebelumnya. Beberapa saat kemudian, timbul his pelepasan dan pengeluaran uri. Dalam waktu 5-10 menit seluruh plasenta terlepas, terdorong ke dalam vagina dan akan lahir spontan atau dengan sedikit dorongan dari atas simpisis atau fundus uteri. Seluruh proses biasanya berlangsung 5-30 menit setelah bayi lahir. Pengeluaran plasenta disertai dengan pengeluaran darah kira-kira 100-200 cc.
4.      kala IV (pengawasan)
Adalah kala pengawasan selama 2 jam setelah bayi dan uri lahir untuk mengamati keadaan ibu terutama terhadap bahaya perdarahan postpartum, yang diawasi yaitu tanda-tanda vital, kontraksi uterus, TFU, kandung kemih, dan jumlah perdarahan.




DAFTAR PUSTAKA

POGI. 2008 . Asuhan Persalinan Normal. Jakarta: JNPK-KR


H, Dewi Asri dan Cristine Clervo P.2009.Asuhan Persalinan Normal Plus Contoh Askeb dan Patologi Persalinan.Yogyakarta : Nuha Medika

No comments:

Post a Comment