Laman

Friday 17 February 2012

Cerita Darby "Tiga Langkah dari Tambang Emas"

Sebenarnya semua yg kita inginkan bisa tercapai, apapun itu. Yang diyakini manusia dgn pasti pasti bisa,.
Kadang kunci kegagalan kita adalah menyerah dan putus asa saat mengalami kegagalan sementara.

Saya pernah membaca dari sebuah buku karangan Napoleon Hill.

Dia menceritakan tentang Darby (org Amerika) yg menemukan tambang emas di sebuah pertambangan, kemudian dia kembali ke kampungnya untuk menbeli alat penggali, dia bersama rekan-rekannya saat itu, mereka terus menggali tanpa mengenal lelah tapi sayang semuanya SIA-SIA. Dia kemudian berhenti dan menjual alat itu kepada tukang rongsokan dengan harga beberapa ratus dolar,.

Hmmm tukang rongsokan itu memang pintar, dia menanyakan pada insinyur, dan mendapat penjelasan tentang bentuk patahan tanah tempat urat emas itu. TERNYATA Darby menyerah padahal 3 langkah lagi dia menemukan urat emas itu,,..
Pertambangan itu bernilai jutaan dolar. .

Darby menyesal dia berhenti 3 langkah dari keberhasilan,. Tapi dia tidak menyerah lagi, dia menemukan tembang emas yang jauh lebih berharga yaitu 'keyakinan dalam pemikirannya'. Dia mulai menggarap usaha jual beli asuransi jiwa...

30 th berlalu, Darby sedang menggali kembali tembang emas yg pernah ia tinggalkan. Tiba-tiba ada seorang anak perempuan berkulit hitam yg datang, "tuan, mama minta uang" katanya.
"apa maumu" bentak Darby, "cepat pergi". "iya Tuan" jawab anak itu tp dia tidak beranjak, Darby kemudian berkata "cepat pergi atau ku cambuk kau"
anak itu kembali berkata "iya tuan" tp dia tetap tidak beranjak. Derbi mendekat membawa pemukul, anak itu malah mendekan dan berteriak " mama harus mendapat uang 50 sen". Dengan mata tajam. Derby diam, meletakan pemukul dan memberi anak itu uang, kemudian anak itu pergi.

Apa yg sebenarnya terjadi? Kenapa Darby yg berkulit putih dewasa ditaklukan anak kecil berkulit hitam?

Nah itu karena anak itu punya keyakinan dia bisa mendapat yg dia inginkan, Dan teriakan anak itu membuat Derby teringat kegagalannya di tembang emas dimasa lalu dan dia sering dibentak pembeli waktu menjalankan usaha jual beli asuransi jiwa. .

Intinya keyakinan akan membuahkan hasil jika berusaha dan tujuan yg pasti.

Hill, Napoleon (2004). Think and Grow Rich : The 21st-Century Edition, Revised and Updated. High Roads Media. ISBN 1-932429-23-9.

No comments:

Post a Comment